2/10/2014

Bull Race (Karapan Sapi)

http://www.indonesiamatters.com/22196/amazing-race-surabaya/kerapan-sapi/

What’s up, buddies? Di kesempatan kali ini, kita sejenak membicarakan hal yang mungkin paling menarik yang ada di pulau The Real Paradise, yaitu Bull Race atau yang lebih sering ita kenal sebagai Karapan Sapi. Pagelaran ini hanya ada di Madura. Namun ada juga daerah lain yang memiliki pagelaran yang hampir sama. Bedanya, karapan sapi di Madura memiliki beberapa keunikan sendiri yang mungkin tidak ada duanya di tempat lain.
Karapan sapi di Madura pada sejarahnya ialah  hanya sebuah hiburan semata yang biasa di lakukan oleh para petani. Namun sumber lain menyebutkan bahwa karapan sapi Madura dilaksanakan untuk upacara adat yang digelar sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang melimpah. Seperti yang kita ketahui bahwa mayoritas masyarakat Madura mempunyai mata pencaharian sebagai petani, baik itu ladang, sawah atau kebun.
Pada era 70-an hingga 90-an, karapan sapi berubah menjadi sesuatu untuk menuangkan hobi para penggila karapan sapi di Madura. Namun hobi ini membutuhkan dana yang cukup besar. Untuk mendapatkan sepasang sapi yang hebat dan luar biasa membutuhkan puluhan juta rupiah. Ya, itu disebabkan sapi yang digunakan bukanlah sapi sembarangan. Ada spesifikasi khusus yang dilihat agar sapi dapat mengikuti kagiatan ini. Itu belum termasuk biaya perawatan sapi yang membutuhkan perhatian khusus agar sapi tetap pada performa terbaik meskipun tidak sedang mengikuti perlombaan atau dalam masa nganggur.
Perhelatan karapan sapi Madura biasanya dihelat dua kali dalam setahun. Tetapi tidak menutup kemungkinan karapan sapi dihelat lebih dari dua kali dalam setahun, tergantung kompetisi dan mungkin anggaran dana yang mencukupi. Tiap  perhelatannya lebih dari 70 pasang sapi akan di adu untuk menunjukkan kejantanannya.
Menurut kompetisi yang sudah dilakssankan sejauh ini, daerah kabupaten Pamekasan dan Bangkalan masih menjadi daerah yang paling sering mengadakan kompetisi karapan sapi. Seperti halnya kompetisi piala bupati, gubernur dan bahkan piala presiden sekalipun. Ada juga karapan sapi yang diadakan oleh juragan sapi kerap –sebutan untuk sapi karapan- untuk mempromosikan sapi-sapi hasil perawatan mereka.
Ada beberapa kategori yang di lombakan dalam satu perhelatan ini diantaranya penampilan pasangan sapi pada awal masuk lintasan. Kategori lainnya ialah penilaian terhadap kecepatan sepasang sapi pada lintasan, termasuk juga keseimbangan dan teknik sang joki sapi kerap tersebut. Karapan sapi biasanya akan diadakan pada lintasan sepanjang lebih kurang 300m.
Selain yang sudah saya jelaskan di atas mengenai bull race atau karapan sapi Madura, masih banyak lagi keunikannya yang dapat kita nikmati. Akan lebih menghibur dan menarik jika kita menontonnya langsung dan melihat puluhan pasang sapi menunjukkan kehebatannya di lintasan.

Demikianlah yang dapat saya bagikan kepada kalian tentang karapan sapi di Alam Madura kali ini. Yakinlah bahwa apa yang diuraikan di atas hanya mencakup sedikit dari sekian banyak hal yang menarik dari pulau Madura, The Real Paradise. Thanks ! i.z.

Tidak ada komentar: